Jumat, 10 Desember 2010

Merek "Kopi Gayo" Kenapa Menggiurkan ?

Tahukah di mana letak Gayo? Para penggemar kopi seharusnya sudah tahu. Daerah ini terletak di propinsi Aceh. Daerah ini terkenal dengan kopinya. Keterkenalan kopi Gayo menyebar hingga ke mancanegara. Bahkan ada yang menyebutkan rasa kopi Gayo melebihi cita rasa kopi Blue Montain asal Brazil. Mungkin karena inilah sehingga sebuah perusahaan Belanda mempatenkan nama Kopi Gayo di negaranya sebagai merek miliknya. Lho?

Tentu saja masyarakat Aceh kecolongan, juga Indonesia. Tetapi ada peluang untuk mendapatkannya kembali. Menurut Saky Septiono dari Direktorat Merek Dirjen HAKI Dephum dan HAM, beberapa waktu lalu, Kopi Gayo tidak bisa didaftarkan sebagai merek dagang karena merupakan indikasi geografis (IG) di Indonesia. Karena itu pemerintah Indonesia berusaha membatalkan pendaftaran merek secara internasional itu dengan mengacu pada Trade Relative Aspects of Intellectual Property.

Sebenarnya bukan cuma perusahaan Belanda tadi yang ingin memiliki merek Kopi Gayo. Sejumlah warga Gayo pun banyak yang mencoba mendaftarkan merek Kopi Gayo ke Dephumkan RI secara perorangan, namun tidak dipenuhi karena sertifikat IG hanya boleh dimiliki oleh masyarakat Gayo, bukan perseorangan, lembaga, perusahaan, atau institusi lain. (Den Setiawan, den.setiawan@yahoo.co.idAlamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya . Foto: http://wb8.itrademarket.com)

Tidak ada komentar: